Kamis, 08 Mei 2014

Melek Media Online - Pre School I -Day 2

Materi terakhir pada Pre-School I LKMM SOL 7, tanggal 4 Mei 2014 kemarin adalah tentang Pemanfaatan Teknologi dalam Rekayasa Sosial.

Yang menjadi narasumber pada materi ini adalah Kang Syauqy Lukman yang saat ini menjadi dosen di Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad. Dengan judul “Melek Media Online”, Kang Syauqy membahas bagaimana peranan teknologi pada saat sekarang ini.

INTERNET MENGUBAH HIDUP KITA | Media mempopulerkan | Like Knife, berhati-hatilah dengan internet.

Hati-hati dalam bermain media online,karena internet seperti pisau bermata dua,salah langkah bisa menghancurkan reputasi diri.

Hal ini yang paling melekat dalam pikiran saya ketika akan memuliskan tentang materi yang satu ini. Sebagai seseorang yang juga aktif menggunakan media di internet dalam berbagai hal, plus plus dengan pemateri yang begitu lihai dalam menyampaikannya materinya, saya menyimak materi ini dengan seksama, tanpa rewel gelisah sana sini seperti biasanya terjadi jika saya menyimak suatu materi yang kurang pas keadaannya. Hahahaha ~ (´`~)

Karena berlatar belakang dari orang tua yang juga berkutat di bidang IT, saya sering ditelpon langsung dari rumah jika kebetulan mama or papa baca status di media social yang berisi tentang keluhan. Menurut orang tua saya *dan akhirnya saya juga* jika membuat status keluhan di media social, selain menjauhkan diri dari seringnya mengadu kepada Allah SWT juga membuat reputasi Anda jatuh. Dari segi hukum di bidang IT pun, kita juga dilarang untuk menulis sesuatu yang akan merusak reputasi seseorang atau kelompok. Ga keren kan, udah capek-capek sekolah belasan tahun, tapi harus menahan malu karena dihukum oleh pihak berwajib karena salah tulis sesuatu di internet?

Think back gals. Jangan sampe Anda terjerat kasus seperti di bawah ini karena salah curhat.




Kasus ini mendapat banyak respon dari pengguna media social yang satu ini. Dan karena ini pula, banyak yang membuat meme tentang kasus dinda ini. ._.

Internet dapat mengubah dunia, karena :
   - Instan, dari berbagai media. Sehingga, arus informasi menjadi sangat cepat.
   - Ilmu dan Informasi menjadi mudah
   - Mudah diakses darimana saja

Namun, dibalik itu, ada juga muncul suatu masalah karenanya, yaitu:
   - Banyak orang yang tidak menghargai ilmu dan informasi
   - Siapa saja bisa menjadi sumber informasi, kebenaran informasi jadi susah diprediksikan
   - Kredibilitas sumber informasi
   - Adanya hoax
   - Security dan privacy yang kurang terjaga
   - Copyright issue

Sekarang kita dapat berkomunikasi dengan setiap orang di belahan dunia manapun yang terhubung dengan internet. Karena internet juga menghilangkan batasan geografis.

Terjadinya ansos (anti social) . banyak orang yang merasa lebih nyaman dengan identitasnya di dunia maya dibanding dengan dia ketika berada di dunia nyata.

Setelah penjelesan semua ini, muncul suatu pertanyaan,
“SHOULD WE USE INTERNET OR NOT?”

Jawabannya adalah: “YES!”

Tapi, bagaimana caranya?

Pilah pilih informasi yang datang ! Be SMART !
   1.  Hati-hati dalam memposting, baca dan telaah keakuratan informasi yang didapat.
   2.  Hati-hati dalam mendownload
   3.  Be Honest, Be Yourself! Karena dengan memposting suatu hal yang dibuat-buat akan dapat merusak nama baik kamu atau organisasimu.

Ikut, Tapi Ga Hanyut! J

***

Okeh, demikian materi-materi dalam Pre SOL 7 yang dilaksanakan minggu lalu, semoga ilmunya dapat menambah wawasan dan dapat pula kita laksanakan dengan baik yah, teman-teman. Amin J

***

Alhamdulillah akhirnya rampung juga tulisan ini. Udah lama ga nulis, di kesibukan yang belum pernah berakhir ini, dan disaat kemampuan menulis sudah lama tidak dicoba lagi, memikirkan mau nulis apa itu memakan waktu yang sangat lama bagi saya hahahaha (//////)


Maaf ya pemirsa, kalau ada diksi yang kurang pas dalam tulisan ini, saya newbie soalnyaa ahahah. Sekali lagi, thanks for reading ya, enjoy di tulisan tulisan lainnyaaa ( ^ω^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar