Kamis, 08 Mei 2014

Materi Ke-Unpad-an - Pre School of Leader I - Day 1

Yooo, udah lama ga buka blog iniiii, bahkan sampai rasanya kalau ngeblog lewat ini tu udah agak ngga jaman lagi. Apalagi sebagai anak TI harusnya punya blog yang bernilai IT lebih lah ya. Tapi karena yaaah namanya kesibukan lah ya, di prodi TI walaupun gua sebagai manusia baru yang berstatus mahasiswa di Unpad, kayanya cerita tentang keenakan menjadi seorang mahasiswa  (karena jadwalnya yang santai-santai saja) seperti yang diceritakan oleh senior-senior gua waktu SMA dulu itu, bohong semua ( ̄ー ̄)

                Jujur, dari masa mabim (masa bimbingan / ospek jurusan) aku sering kesel karena ga bisa ikut kegiatan yang sesuai keinginan disebabkan jadwal kuliah + jadwal  kumpul ini itu, finally setelah 3 bulan kuliah baru akhirnya bisa ikutan UKM Taekwondo, salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Unpad. Tapi sayangnya itupun gue udah ketinggalan satu UKT, Ujian Kenaikan Tingkat di Taekwondo (・_・)
               
               Oke kembali ke topik *duh maaf ya curcolnya kelamaan, sekalian mau ngeluarin pikiran pikiran yang sedikit memenuhi kepala ini ._. *

Oke sekarang serius ya, ini pembicaraan serius.



Latihan Kepemimpinan dan Manajerial Mahasiswa (LKMM) School of Leader  VII ini adalah suatu kegiatan pelatihan kepemimpinan yang diadakan oleh BEM Kema Unpad untuk Keluarga Mahasiswa Unpad khususnya angkatan 2012 dan 2013. Saya sendiri adalah salah satu delegasi yang berasal dari UKM Taekwondo Unpad.

Tema kegiatan ini adalah “future Leader”. Tujuan umum kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan calon pemimpin yang berwawasan keunpadan dan kebangsaan serta memiliki moral, spiritual dan intelektual yang baik.

Nah, sesuai dengan tujuannya, pada pre-School I yang dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Mei 2014 lalu, salah satu materinya membahas tentang wawasan ke-Unpad-an itu sendiri. Nah, materi yang dibahas adalah tentang Kema dan IKA Unpad.

Pemateri pada sesi ini adalah Kang Indra Maulana yang merupakan Ketua BEM Kema pertama di Unpad. Beliau menjelaskan tentang sejarah bagaimana BEM Unpad ini bisa berdiri. Saat saya coba searching, ternyata ada postingan yang menjelaskan dengan sangat rinci tentang sejarah BEM Kema Unpad ini, berikut adalah linknya http://kema.unpad.ac.id/sejarah/  :3

Kang Indra menceritakan bagaimana proses terbentuknya Kema Unpad,

Sebelum Kema Unpad terbentuk perwakilan dari tiap fakultas membuat suatu forum yang dinamakan FORKOM (Forum Komunikasi) untuk komunikasi antar fakultas.

Sebelumnya pernah ada yang namanya senat mahasiswa unpad,tapi dibubarkan oleh pihak rektorat,sehingga membuat tiap-tiap fakultas menjadi terpisah dan tidak adanya tempat untuk menyatukannya.

Karena setiap ada suatu hal setiap fakultas menyuarakan pendapat tapi tidak adanya wadah untuk menyatukan suara tersebut,sehingga hal inilah yang menyebabkan harus dibentuknya Kema Unpad.
Dan pada bulan Agustus 2002 terbentuklah Kema Unpad
lalu pada bulan November 2002 berlangsung pemilihan umum pertama dan terpilihnya Indra Maulana sebagai ketua BEM Unpad.

Oke, itu tentang Kema. Sekarang ganti topik tentang IKA Unpad ya :3

Di Unpad juga ada suatu organisasi yang merupakan tempat untuk besinergi setelah lulus dati Unpad nanti, yaitu IKA Unpad. IKA Unpad merupakan singkatan dari Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjadjaran.  IKA Unpad diketuai oleh Kang Sapta (Wakil Menteri Parekraf Indonesia). Gedung IKA Unpad sendiri terletak di Kampus Unpad Bandung, Dipati Ukur.

IKA Unpad memiliki proker-proker yang banyak bergerak di bidang pengabdian kepada masyarakat. Ada banyak keuntungan yang didapat jika nanti setelah lulus dari Unpad bergabung dalam organisasi ini, selain beramal dalam setiap prokernya juga dapat memperluas jaringan koneksi social. Maka, sangat disarankan untuk kita-mahasiswa Unpad setelah lulus nanti bergabung dalam organisasi ini. :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar